Pesona Di Balik Bukit Khayangan Kerinci

Pulau sumatera, selalu mampu memberikan kesan istimewa, memanjakan mata, dengan banyaknya destinasi wisata di setiap sudutnya. Orang mengenal danau toba, istana maimun, air terjun sipiso piso, museum tsunami aceh, danau maninjau, dan banyak lagi tempat wisata yang tiada habisnya. Ya, pulau yang berasal dari kata sangsekerta swarnadwipa “pulau emas”memang sesuai dengan julukan yang diberikan dengan keindahan alam yang tersimpan di dalamnya.
Bukit Kayangan merupakan salah satu destinasi wisata yang berada  di Provinsi Jambi yang terletak di daerah pegunungan kerinci.  Negeri yang konon katanya disebut oleh masyarakat sumatera sebagai atap sumatera ini kini semakin mempesona. Keindahan alamnya yang begitu terlihat masih alami membuat mata para pengunjung akan dimanjakan oleh salah satu destinasi terbaik di daerah pegunungan kerinci. Lokasinya Bukit khayangan tidak terlalu jauh dari  pusat kota Sungai Penuh, hanya membutuhkan waktu kurang lebih 40  menit menggunakan kendaraan bermotor untuk bisa sampai ke daerah bukit Kahyangan. Bukit kayangan juga merupakan salah satu tempat wisata yang selalu dan wajib dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara. Pasalnya, kalau destinasi yang satu ini tidak ada di itinerary anda, maka kurang lengkap sudah perjalanan liburan di tanah emas ini.

Bukit kahyangan berada di ketinggian kurang lebih 1500 meter di atas permukaan laut(MDPL). Sehingga, dengan ketinggian itu suhu udara di kawasan bukit Kahyangan sangat dingin, kita penduduk Indonesia yang tinggal di perkotaan atau di dataran rendah tentu harus mempersiapkan penghangat badan apabila hendak melengkapi destinasi liburan di daerah pegunungan Kerinci.
Ya, untuk memasuki daerah bukit khayangan, wisatawan tidaklah perlu merogoh kocek yang yang dalam, karena wisatawan hanya perlu membayar tiket masuk ke destinasi wisata tersebut dengan harga setiap ticket masuk sebesar Rp5000, itambah uang parkir sebesar Rp5.000, relative murah memang, dengan merogoh kocek Rp10.000 wisatawan sudah bisa menikmati keindahan alam yang  terbentang luas sambil menikmati indahnya gunung Kerinci dari kejauhan.  Adapun fasilitas yang isediakan oleh pengelola di bukit khayangan juga tak kalah menarik, mulai dari duduk manis di sebuah gazebo yang langsung menghadap ke alam bebas, atau berdiri menghirup udara segar di atas bebatuan di pinggir bukit sambil melihat suguhan keindahan Bukit Barisan, danau kerinci, dan juga sawah hijau yang terbentang luas sehingga bisa-bisa membuat mata wisatawan enggan untuk berpaling.

So, buat kalian yang berniat untuk berliburan ke destinasi wisata bukit Kahyangan, jangan ditunda-tunda deh, mending di segerakan, atau langsung bikin itinerarynya setelah selesai membaca artikel ini hehehe.

Penulis : Raspati Taruna (@raspatitaruna)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar